Rabu, 04 Desember 2013



Hola!
Masih dengan yang berbahan mudah, murah, praktis dan tetep enaaakkk hehehe...

Diluar lagi hujan nih. Padahal lagi libur berdua sama suami dirumah doang. Mo keluar juga males banget. Dan ternyataaa.... ga ada persediaan cemilan. 
Hmm... padahal cuaca begini mendukung banget buat nyemil hehehhee....

Akhirnya, buka kulkas.. Alhamdulillah ada beberapa barang yg bisa dioleh. Daaann... Bolu nangka karamel ini cucoook banget disantap selagi hangat.. hmmm... aroma nangka dan karamelnya ga ku-ku... hehhee...
Yuuukkk eksekusi yuuukk.....




Bahan:
9 sdm munjung gula pasir
250 ml air mendidih
1 sdm munjung mentega
1,5 sdm SKM putih

Campur & ayak:
½ sdt soda kue
½ sdt baking powder
13 sdm munjung terigu

Buah nangka secukupnya

CARA:
Membuat karamel:
Taruh gula pasir di pan, panaskan dengan api kecil. Jangan diaduk. Tunggu sampai semua meleleh baru sesekali sambil diaduk pelan. Jika sudah mencair semua, masukkan sedikit demi sedikit air panas. Hati-hati ya...ini bisa nyiprat dan sangat panas. Matikan api.
Aduk perlahan, masukkan mentega dan susu kental manis. Sisihkan, tunggu hingga hangat.

Di wadah terpisah, ayakan terigu, soda kue & baking powder, aduk perlahan, masukkan cairan gula hangat. Aduk dengan balon whisk hingga rata dan tidak ada yang bergerindil (bila perlu bisa disaring). Terakhir kocok adonan dengan agak cepat. Masukkan potongan buah nangka. Aduk rata. Sisihkan.

Siapkan dandang dengan uap banyak. Olesi cetakan dengan sedikit minyak. Tuang adonan kurleb 2-2,5 sdm atau hingga 1/2 cetakan hampir penuh. Kukus selama 25-30 menit. Keluarkan dari cetakan. Balik dan angin-anginkan. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba !

0 komentar:

Posting Komentar